+62 21 2856 5396 partners.id@workspez.com
Select Page

Transformasi digital pada abad ke-21 juga mempengaruhi sektor akuntansi. Hal ini merupakan kabar baik sekaligus tantangan yang besar karena terjadinya perubahan yang sangat besar. Sejak dulu, bidang akuntansi selalu dianggap sebagai bisnis yang akan selalu aman, dimana sektor ini akan selalu dibutuhkan untuk bisnis-bisnis dengan model pendapatan yang dapat diprediksi. Ayo kita telusuri lagi tren terbaru pada akuntansi digital.

Meskipun penyampaian bisnis akuntansi telah mengalami banyak perubahan karena adanya campur tangan teknologi, namun akuntansi merupakan salah satu layanan yang paling diperlukan. Operasi akuntansi berbasis Cloud memiliki kekuatan untuk mengalahkan metode akuntansi tradisional, sehingga dapat meningkatkan efisiensi, kecepatan, hingga akurasi. Dengan tingginya pengaruh teknologi pada akuntansi, akuntan pun memiliki peluang untuk menawarkan value lebih kepada klien dengan tidak hanya menjadi solusi pengolah angka, tapi juga menjadi penasihat bsinis bagi klien mereka.

Memanfaatkan Pola Pikir Digital

Generasi milenial kini semakin kenal dengan teknologi dan mengharapkan tingkat layanan digital serta interaksi tertentu di tempat kerja. Adopsi solusi digital kini menjadi hal yang sangat penting untuk tingkat rentensi staf maupun efisiensi bisnis. Namun, pola pikir digital yang suskes tidak hanya berfokus pada teknologi yang baru. Hal ini perlu dikaitkan dengan menghargai keterlibatan manusia dan menekankan pentingnya strategi dan juga budaya.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dari teknologi, seorang akuntan perlu mencapai kesemimbangan. Maksudnya adalah sebagai akuntan tidak bisa lagi hanya menawarkan solusi perhitungan yang telah dikerjakan oleh teknologi, tapi juga harus menambahkan nilai layanan seperti menawarkan solusi bisnis. Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan bahwa hal ini sama penting dengan efisiensi yang disampaikan secara digital. Inilah tren terbaru pada akuntansi digital. Secara garis besar, ada 4 keuntungan besar yang bisa dimanfaatkan dalam bisnis akuntansi digital melalui adanya digitalisasi ini:

E-Business

Proses e-business memungkinkan anggota tim untuk mengoordinasikan aktivitas untuk manajemen internal serta menggabungkan informasi klien dengan data profesional keuangan melalui penggunaan jaringan digital. Aplikasi perusahaan dapat dibagikan melalui jaringan internal dan eksternal yang disebut Intranet dan ekstranet. Penggunaan teknologi ini dapat mendistribusikan informasi melalui satu titik akses seperti antarmuka Web menggunakan tingkat standar keamanan enkripsi tertinggi yang tersedia.

Cloud Computing

Software-as-a-service (Saas) menyediakan inti dari pengalaman cloud computing. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perusahaan yang menggunakan platform khusus untuk dapat memfasilitasi pengaksesan data melalui semua jenis perangkat seluler. Kemampuan untuk mengakses informasi kapan saja dari mana saja sekarang merupakan hal yang sangat penting karena generasi muda yang semakin mengedepankan mobilitas dan efisiensi.

Enterprise Resource Planning (ERP)

Sistem ERP adalah program perangkat lunak yang membawa departemen yang berbeda-beda ke dalam suatu organisasi ke dalam lingkungan kolaboratif yang sama. Mereka memfasilitasi agar informasi tersedia dari berbagai kelompok serta dapat mendukung kegiatan dari berbagai lokasi.

Data dapat diakses melalui database pusat dan kemudian dibagi dari berbagai fungsi seperti akuntansi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan manufaktur. ERP meningkatkan kinerja bisnis dengan memungkinkan manajemen untuk mendapatkan pandangan penuh 360° tentang bagaimana kinerja bisnis secara real-time. Ini merupakan sebuah keuntungan yang besar dalam kemampuan untuk membuat keputusan bisnis besar dengan peningkatan akurasi, keandalan, dan juga kecepatan.

Digital Technology Advancement

Sifat sistem akuntansi digital ditandakan oleh data yang mudah diakses dan mudah diambil melalui pemanfaatan sistem yang terintegrasi, pelaporan secara real-time, dan juga pengembangan yang dilakukan secara berkelanjutan.

Teknologi baru dalam akuntansi digital dirancang untuk memenuhi tekanan yang besar untuk “data sesuai permintaan”. Smartphone, Aplikasi, dan Social Media merupakan saluran utama dari proses ini. Kemajuan yang konstan memungkinkan para profesional keuangan untuk menghabiskan lebih banyak waktu memberikan nasihat kepada klien dan membantu mereka dalam mengembangkan strategi daripada hanya menghasilkan laporan keuangan seperti akuntan tradisional sehingga dapat memberikan value yang lebih kepada klien mereka.

Nah, itu dia tren terbaru pada akuntansi digital yang akan menjadi the new era of digital accounting! Workspez sebagai perusahaan akuntansi digital yang modern pastinya sudah mengadopsi perubahan-perubahan ini sejak dini. Mengapa demikian? Simpel, jawabannya adalah karena Workspez ingin memberikan service terbaik kepada klien kami, sehingga kami memanfaatkan digitalisasi dengan maksimal. Dari digitalisasi ini, seluruh proses pengerjaan akan lebih efisien, cepat, dan akurat! Tunggu apa lagi? Mari bergabung dengan Workspez dan rasakan sendiri kemudahan dari pengerjaan akuntansi bersama kami!

Valencia Suteja
Valencia Suteja
Perlu Bantuan? Chat dengan kami
X