+62 21 2856 5396 partners.id@workspez.com
Select Page

Mengurus pajak bagi setiap warga negara maupun perusahaan (badan) merupakan kewajiban yang harus segera dituntaskan. Namun, rumitnya tata cara, peraturan, maupun istilah-istilah dalam dunia perpajakan seringkali menjadi hambatan bagi beberapa orang atau perusahaan. Belum lagi padatnya jadwal tidak jarang menjadi salah satu alasan. Sehingga kemudian banyak dari mereka yang memilih untuk mendapatkan pelayanan bantuan dalam mengurus perihal perpajakan dengan menggunakan jasa konsultasi pajak yang sesuai kebutuhan.

Konsultan Pajak adalah orang ataupun badan yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa konsultan pajak adalah orang yang memiliki tugas untuk membantu wajib pajak mengurus segala sesuatu halnya yang berkaitan dengan pajak sehingga orang tersebut dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik. Tentu saja konsultan pajak adalah orang yang benar-benar paham dan mengerti luar dalam tentang dunia perpajakan.

Jasa Konsultasi Pajak Yang Ditawarkan Oleh Konsultan Pajak Sesuai Kebutuhan.

jasa konsultasi pajak yang sesuai kebutuhan
Coworkers team brainstorming

Lalu apa saja jasa-jasa yang ditawarkan oleh seorang konsultan pajak kepada kliennya?

Jasa Konsultasi Pajak Secara Umum Yang Sesuai Kebutuhan

Tentunya sebagai konsultan pajak klien berikan kebebasan dalam melakukan konsultansi akan permasalahan perpajakan. Biasanya konsultansi yang diajukan seputar informasi mengenai peraturan pajak dan bagaimana cara penerapannya dalam praktek berbisnis. Konsultan pajak akan selalu siap memberikan saran dan bantuan saat klien menghadapi masalah terkait pajak. Konsultansi juga dapat diberikan baik secara lisan maupun tulisan.

Kepatuhan terhadap Pajak

Seorang konsultan pajak akan mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak kliennya terhadap peraturan perpajakan. Misalnya identifikasi objek pajak, perhitungan pajak, proses membayar dan melaporkan pajak usaha/perusahaan. Pengetahuan tentang perpajakan dan prosedur penegakan hukum pajak yang telah dimiliki seorang konsultan pajak dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan seorang wajib pajak. Wajib pajak menjadi memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang prosedur perpajakan yang lebih baik.

Hitung rencana pajak

Sebagai pengusaha kena pajak (PKP), memiliki perencanaan perhitungan pajak di dalam usaha merupakan suatu kewajiban. Jenis pajak yang dikenakan pada usahanya juga harus diketahui. Konsultan pajak memberikan layanan dalam membantu menghitung perencanaan pajak dari kliennya. Sehingga para kliennya mendapatkan keuntungan yang optimal tanpa mengenyampingkan peraturan perpajakan yang berlaku. Seorang konsultan pajak akan memberikan alternatif perhitungan yang lebih efektif dan efisien bagi klien namun tetap dalam parameter yang legal menurut peraturan dan perundangan perpajakan.

Verifikasi Pajak / Pendampingan.

Pendampingan kepada klien adalah bagian dari tanggung jawab seorang konsultan pajak. Pada saat adanya pemeriksaan pajak, konsultan pajak akan senantiasa membantu klien dalam menjawab pertanyaan yang diberikan dari pemeriksa pajak. Tidak hanya mendampingi namun konsultan pajak dapat menjadi wakil dari wajib pajak. Sebab tidak sedikit klien yang kurang memahami perihal perpajakan lebih dalam.

Konsultan pajak akan membantu menyiapkan data/dokumen yang dibutuhkan, melakukan perhitungan pajak dan mencocokan koreksi-koreksi oleh pemeriksa pajak sehingga sesuai dengan data dan peraturan yang berlaku dengan hasil akhir suatu perhitungan dengan wajar.

Pemeriksaan laporan pajak

Setelah pembayaran pajak, bahkan konsultan pajak tidak meninggalkan kliennya begitu saja. Mereka akan turut membantu klien dalam memeriksa laporan pajak yang telah jadi. Pemeriksaan dimulai dari prosedurnya hingga evaluasi atas besaran pajak yang dilaporkan. Dengan mengevaluasi data akan menghindari munculnya beban pajak yang dapat merugikan perusahaan klien.

Restitusi pajak

Restitusi pajak merupakan pengembalian kelebihan atas pembayaran pajak. Seorang konsultan pajak akan membantu klien dalam melakukan restitusi pajak terutama PPN atas transaksi sah sebagaimana peraturan yang berlaku. Bantuan yang diberikan mulai dari mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir diterimanya pengembalian kelebihan pajak. Tentunya klien akan merasa sangat terbantu jika mengalami kelebihan membayar pajak.

Penyelesaian sengketa pajak

Tawaran layanan lain jasa konsultan yang didapatkan oleh  klien  yaitu bantuan dalam penyelesaian sengketa pajak.  Situasi tersebut bisa saja terjadi terutama bagi wajib pajak badan yang memiliki nilai pajak yang cukup fantastis sehingga memberatkan atau tidak menguntungkan bagi pebisnis. Beberapa contoh sengketa pajak yang mungkin terjadi seperti klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding, dan lain sebagainya.

Jasa Lain Konsultasi Pajak Yang Sesuai Kebutuhan

Jasa Pelaporan SPT Masa dan Tahunan

Konsultan pajak akan membantu klien dalam mengisi SPT Masa dan Tahunan. Baik bagi orang pribadi maupun badan, akan dibantu oleh konsultan pajak berdasarkan sistem akuntansi perpajakan. SPT Tahunan klien akan disusun berdasarkan laporan keuangan dan data-data perusahaan  sebagaimana yang diberikan oleh perusahaan. Disinilah konsultan dari Workspez akan mempelajari perusahaan anda untuk memberikan jasa konsultasi pajak yang sesuai kebutuhan anda.

Jasa Pelatihan Pajak

Ilmu dan pengalaman konsultan pajak membuatnya memiliki kemampuan dalam memberikan pelatihan pajak. Pelatihan pajak yang dimaksud bisa berupa webinar, private maupun offline sesuai dengan kesepakatan bersama. Topik yang diangkat juga dapat ditentukan bersama sesuai dengan permintaan dan kebutuhan dari klien.

Jasa Bersifat Non Teknis

Bahkan konsultan pajak juga mengurus berbagai urusan administrasi perpajakan yang bersifat non-teknis, seperti pendaftaran NPWP, permohonan pengukuhan sebagai PKP, permohonan surat keterangan bebas pajak (SKB), dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultasi Pajak Yang Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui jasa apa saja yang ditawarkan oleh konsultan pajak, mari ulas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan jasa konsultan pajak.

  • Lebih efisien. Konsultan pajak sudah sangat terlatih dan ahli dalam bidang perpajakan, sehingga perhitungan besaran pajak akan lebih efektif dan akurat. Dengan begitu, adanya konsultan pajak mengurangi kemungkinan resiko salah hitung yang dapat mengakibatkan membayar pajak menjadi lebih banyak atau kurang. Selain itu klien juga akan selalu didampingi dalam proses perhitungan pajaknya.
  • Mampu melakukan perencanaan pajak atau tax planning. Dengan adanya layanan dalam membantu membuat perencanaan pajak, perusahaan tidak perlu kebingungan lagi merencanakan tentang pajak kedepannya.
  • Perusahaan lebih fokus dalam pengembangan bisnis. Jika sebelumnya banyak waktu yang tersita akibat berkutat hanya dengan perpajakan, dengan menggunakan jasa konsultan pajak perusahaan dapat mengalokasikan waktunya membuat rencana dan strategi pengembangan bisnis. Perusahaan tak lagi terbebani urusan administratif pajak pada saat membuat laporan berikut proses pelaporannya.
  • Nyaman menjalani perusahaan pajak. Dengan dampingan oleh konsultan pajak, perusahaan akan menjadi lebih nyaman dan percaya diri saat menjalani pemeriksaan pajak. Sebab ada konsultan yang lebih memahami prosedur pemeriksaan dan dapat mengantisipasi kerugian akibat kesalahan perhitungan.
  • Masalah perpajakan perusahaan tuntas dengan cepat. Tak perlu memikirkan masalah-masalah perpajakan yang beragam jenisnya, karena dengan konsultan pajak semua akan diselesaikan hingga tuntas.

Ayo Memulai Jasa Konsultasi Pajak Yang Sesuai Kebutuhan Anda Sebelum Bulan April.

jasa konsultasi pajak yang sesuai kebutuhan

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang hanya bisa dijawab dari diri sendiri atau dari perusahaan anda sendiri. Setelah mengetahui apa saja yang jasa yang ditawarkan oleh seorang konsultan pajak dan manfaat menggunakan jasa tersebut, maka saatnya melihat diri dan berkaca. Semua harus disesuaikan seperti apakah selama ini perusahaan selalu kelabakan dalam mengurus perpajakan, dan apakah sumber daya manusia yang dimiliki cukup untuk mengurus perpajakan perusahaan.

Beberapa hal dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan apakah perusahaan perlu menggunakan jasa konsultan pajak.

Namun, jika perusahaan atau anda merasa membutuhkan jasa konsultan pajak yang dapat memenuhi semua kebutuhan anda dan memberikan pelayanan yang maksimal seperti di atas maka Workspez dapat menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan. Workspez merupakan start-up sistem akuntansi online berbasis cloud dengan teknologi AI, namun kami juga menyediakan jasa konsultan pajak untuk berbagai kepentingan baik pribadi maupun badan. Kami berpendapat bahwa pelayanan yang terbaik terhadap konsumen adalah nomor satu. Jika perusahaan anda tertarik dengan Workspez maka bisa hubungi kami di melalui whatsapp dibawah.

Asadia Diajeng
Asadia Diajeng

Asadia bergabung di Workspez sebagai content writer parttime. Setelah lulus kuliah, Asadia menjadi fulltime content writer Workspez. Kuliah di perhutanan dan senang travel, Asadia memang suka menulis blog terutama di bidang traveling.

Perlu Bantuan? Chat dengan kami
X