Pemasaran digital memiliki peranan penting bagi berjalannya bisnis dimasa sekarang. Sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan tanpa adanya pemasaran. Peningkatan omset usaha juga dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan. Pemasaran digital ini sebenarnya tidak sulit, namun harus tepat dan efektif sehingga mampu menghasilkan hasil yang maksimal. 

Dari sekian banyak metode pemasaran digital yang bisa diimplementasikan, berikut Workspez jabarkan beberapa strategi jitu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset bisnis, terutama bisnis kecil dan menengah. Ayo kita lihat 4 Strategi Pemasaran Digital yang anda bisa pakai sekarang juga.

4 Strategi Pemasaran Digital: Optimasi Website 

Salah satu poin paling penting sekaligus paling sederhana yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memulai pemasaran digital adalah memiliki website. Pengoptimalan website bisa dimulai dari tampilan situs yang ramah user, layout yang sederhana dan mudah, dan selalu diperbaharui. Selain konten yang harus dikeluarkan secara rutin, konten yang diterbitkan juga harus SEO-Friendly. 

Pengoptimalan situs web dengan SEO dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Lewat website, produk bisnis bisa dengan mudah dikenali apabila pencarian konten situs dioptimalkan. Hal ini melibatkan keyword yang fokus dan tepat serta bobot konten yang mengacu pada kata kunci yang digunakan. Dengan kata kunci yang mengerucut dan spesifik memungkinkan konten bisa kompetitif dan menembus halaman pertama mesin pencarian Google. Jika konten sudah berhasil menyentuh halaman pertama pada Google, maka produk bisnis akan dikenal lebih luas dan omset bisnis ikut meningkat. 

4 Strategi Pemasaran Digital: Key Opinion Leader (KOL) 

KOL adalah orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan aktif menggunakan media sosial untuk menyampaikan opininya mengenai suatu hal. Dari keahlian dan kemampuannya di bidang yang spesifik, pendapat KOL memiliki kredibilitas lebih dan akan lebih dipercayai masyarakat apabila produk/jasa yang dijelaskan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.  

Strategi pemasaran lewat KOL ini memiliki kelebihan yaitu tingkat brand awareness yang dibangun tinggi dan dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. Proses pemilihan KOL juga harus sangat diperhatikan agar tidak salah target. Pemilihan KOL juga sebaiknya disesuaikan dengan budget pemasaran yang akan dikeluarkan perusahaan.  

4 Strategi Pemasaran Digital: Email Marketing 

Strategi pemasaran lain yang bisa digunakan untuk bisnis adalah dengan email marketing. Pada dasarnya, email marketing merupakan surel yang dikirim kepada konsumen tentang informasi perusahaan. Informasi tersebut bisa berisi promosi, kegiatan yang akan dilaksanakan, tips, atau produk/jasa baru yang akan ditawarkan.  

Meski seringkali email dianggap sebagai spam, namun strategi ini dipercaya memiliki peluang untuk selalu diingat oleh calon pelanggan. Surel yang terkirim seringkali diabaikan dan bahkan dihapus dari daftar pesan masuk, oleh sebab itu pemilihan judul yang menarik dan tepat sangat berpengaruh terhadap keefektifan strategi email marketing ini. Gunakanlah judul yang menarik dan fresh saat mengaplikasikan strategi ini. 

4 Strategi Pemasaran Digital: Social Media Marketing 

Seiring dengan perkembangan tren, kini media sosial tidak hanya digunakan untuk menampilkan foto dan informasi produk bisnis seperti yang tertera pada website. Media sosial adalah tempat paling cepat dan mudah untuk perusahaan tehubung langsung dengan calon pembeli.  

Strategi pemasaran satu ini adalah strategi yang paling hemat dengan banyak opsi penargetan serta jangkauan audiens yang tepat. Kemudian social media ads bisa menjadi opsi lain untuk memasarkan produk bisnis. Social media ads membantu perusahaan untuk terlihat berulang kali dan muncul pada akun orang-orang yang memiliki algoritma pencarian yang sama dengan jenis usaha Anda. 

Setelah membaca artikel ini, cobalah untuk memilih salah satu strategi diatas yang sekiranya paling mudah dan memungkinkan untuk dilakukan oleh bisnis Anda. Sesuaikan dengan produk yang dijual, budget pemasaran yang dimiliki, dan tim atau tenaga kerja yang dimiliki untuk mengaplikasikan strategi pemasaran diatas. 

Ikuti halaman sosial kami baik itu instagram, facebook atau tiktok.